Minggu, 17 Februari 2019

5 soal dan jawaban tentang jaringan terbaru 2019



1. jelaskan pengertian dari jaringan komputer
    Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

2.Perbedaan intranet dengan internet

Sebelum kita bahas tentang perbedaaannya kita harus ketahui terlebih dahulu pengertian dari internet dan intranet...
  Pengertian Internet
Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu sama lain yang menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran sehingga kita bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, dan saling bertukar informasi meski dalam jarak yang jauh.
Pengertian Intranet
Selain Internet ada juga yang namanya Intranet, Intranet adalah jaringan pribadi (Private Network) yang mengunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal contohnya adalah: Perusahaan, Kantor, Sekolah Universitas DLL. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil.
 Perbedaan Antara Internet dan Intranet
Internet :
  • Jaringan yang sangat Luas (Internasional Bahkan Sedunia)
  • Memiliki Jaringan yang Kuat
  • Perkembangan yang Sangat Pesat
  • Bisa di akses kapan saja dan dimana saja
Intranet:

  • Jaringan yang kecil dan sempit (hanya mencakup wilayah lokal)
  • Perkembangannya yang lambat
  • Biasa digunakan oleh perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, dll

3.alat-alat yang dapat terhubung di internet

a.      Handphone
     Internet dapat di akses melalui handphone yang di kembangkan untuk aplikasi wireless(tanpa kabel). Protokol yan di gunakan di sebut WAP. Wireless Application Protokol.

b.      TV kabel
     untuk mengakses jaringan komputer juga bisa menggunakan tv kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan tv kabel maka modem yang di pakai adalah modem kabel. Computer, harus di lengkapi dengan ethernet. layanan akases modem kabel dapat melalui jaringan tv kabel dengan isp di antaranya: cbn,indosat,linknet, centrin.

c.     Saluran Telepon
    saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan di perlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. penggunaan  aluran ini juga  diikkuti dengan penggunaan modem dial up.


4.alat-alat yang dapat membangun dan membuat suatu jaringan komputer

1.      Personal Komputer (PC) Tipe personal computer yang digunakan di dalam jaringan akan sangat menentukan unjuk kerja dari jaringan tersebut. Komputer dengan unjuk kerja tinggi akan mampu mengirim dan mengakses data dalam jaringan dengan cepat. 

2.      Hub atau switch Merupakan alat yang digunakan untuk memyatukan kabel-kabel dari beberapa client untuk menyambungkan ke server.

 3.      Repeater Repeater adalah alat yang digunakan untuk memperkuat sinyal yang lemah karena melalui kabel yang panjang. 

4.      Router Router merupakan alat yang mampu mengirimkan data dari jaringan satu ke jaringan lain yang berbeda. 

5.      Modem Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Modem ini berfungsi untuk mengubah sinyal digital computer menjadi sinyal analog yang dapat di kirim lewat jaringan telephon atau sebaliknya. Ada dua jenis modem yaitu :            

    1)        Modem Internal adalah modem yang di pasang langsung ke mainboard computer. Keuntungan menggunakan modem internal adalah harga lebih murah tetapi kesulitannya untuk memasangnya dan memindahkannya harus membongkar casing(computer).               2)        Modem eksternal adalah modem yang terpisah dengan computer. Keuntungan pengguna modem eksternal adalah pemasangannya lebih gampang. Kelemahannya yaitu harganya lebih mahal. 

6.      Tester Tester merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengetes kabel atau konektor agar dapat membuat suatu jaringan.

 7.      Lan card Lan card adalah kartu jaringan yang di pasang di setiap computer server\work station. 

8.      Kabel UTP Adalah alat penghubung computer satu dengan computer lain sehingga terbentuk suatu jaringan. Macam-macam jenis kabel : UTP,STP,COAXIAL, dll. 

9.      Konektor RJ 45 Konektor RJ 45 adalah alat konektor yang di pasang di setiap ujung kabel UTP yang menghubungkan antar computer,hub maupun switch.


5.Pengertian Media Komunikasi
          Media komunikasi adalah suatu alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.Media dominan dalam berkomunikasi adalah pancaindera manusia seperti telinga dan mata.Media juga merupakan jendela yang memungkinkan kita untuk dapat melihat lingkungan yang lebih jauh, sebagai penafsir yang membantu memahami pengalaman,Sebagai landasan penyampai informasi, Sebagai komunikasi interaktif yang meliputi opini audiens, Sebagai penanda pemberi intruksi atau petunjuk , Sebagai penyaring atau pembagi pengalaman dan fokus terhadap orang lain, cermin yang merefleksikan diri kita dan penghalang yang menutupi kebenaran. Media komunikasi juga dijelaskan sebagai sebuah sarana yang dipergunakan sebagai memproduksi, reproduksi, mengolah dan mendistribusikan untuk menyampaikan sebuah informasi. Media komunikasi sangat berperan penting bagi kehidupan masyarakat.Secara sederhana, sebuah media komunikasi adalah sebuah perantara dalam menyampaikan sebuah informasi dari komunikator kepada komunikan yang bertujuan agar efisien dalam menyebarkan informasi atau pesan. Komunikasi merupakan bentuk percakapan yang berlangsung atas dasar persamaan persepsi. Komunikasi dalam bahasa inggris communicationberasal dari kata latin communicatio dan berasal dari kata communis yang berarti sama.


0 komentar:

Posting Komentar