Sabtu, 06 Oktober 2018

20 contoh valid dan invalid pada logika informatika

Contoh Argument valid

1.       Semua bilangan genap habis dibagi 2.                                                                               (premis)
10 adalah bilangan genap.                                                                                                     (premis)
Jadi, 10 habis dibagi 2.                                                                                                         (konklusi)

2.       Jika malam hari turun hujan, maka lapangan bola akan basah.                               (premis)
Ternyata malam hari turun hujan.                                                                                      (premis)
Jadi, lapangan bola basah.                                                                                                    (konklusi)

3.         Ewin ada di Bandung atau Gorontalo.                                                                               (premis)
Ewin tidak ada di Bandung.                                                                                                    (premis)
   Jadi, Ewin  ada di Gorontalo.                                                                                              (konklusi)

4.         Botol itu berisi kopi atau air putih                                                                                       (premis)
Ternyata botol itu tidak berisi kopi                                                                                     (premis)
Jadi, botol itu berisi air putih                                                                                                 (konklusi)

5.       Semua bilangan ganjil tidak habis dibagi 2.                                                                     (premis)
3 adalah bilangan ganjil.                                                                                                         (premis)
Jadi, 3 tidak habis dibagi 2.                                                                                                  (konklusi)

6.       Andi menulis dengan mengunakan polpen biru atau hitam.                                                  (premis)
Andi tidak menulis dengan menggunakan tinta biru .                                                            (premis)
Jadi, andi menuulis dengan menggunakan polpen hitam.                                                   (konklusi)

7.        Jumlah rakaat maksimal sholat dhuha adalah 8 rakaat. (HR. muslim)                                (premis)
 babe sholat dhuha 4 rakaat                                                                                                                  (premis)
Jadi, si babe sholat dhuha 4 rakaat                                                                                                     (konklusi)

8.       Siswa di wajibkan memakai sepatu hitam pada hari senin , jika tidak sepatunya akan di tahan.                  (premis)
Si sableng memakai sepatu merah pada hari selasa                                                               (premis)
Jadi, sepatunya si sableng tidak di tahan .                                                                          (konklusi)

9.       Mahasiswa baru wajib mengunakan seragam putih hitam pada hari senin                        (premis)
Ternyata hari senin itu mahasiswa libur.                                                                             (premis)
Jadi ,mahasiswa tidak usah pake seragam putih hitam pada hari senin.                              (konklusi)



10.   Tugas terakhir dikumpulkan paling lambat pukul 11 malam                                                (premis)
Ternyata si jack sudah mengumpulkan tugasnya jam 10 mlam                                              (premis)
Jadi,si jack tidak terlambat mengumpulkan tugasnya.                                                        (konklusi)



11.   Jagan membuat keributan di area ini ,nanti akan diusir                                                         (premis)
Ternyata sekelompok mahasiswa membuat keributan                                                            (premis)
Jadi, sekelompok mahasiswa itu diusir                                                                              (konklusi)



12.   Mahasiswi diwajibkan memakai hijab yang beragama islam .
Si bayu tidak memakai hijab
Jadi, bayu tidak memakai hijab karena dia bukan mahasiswi.

13.    


Contoh Argument Invalid


0 komentar:

Posting Komentar